3 Tips agar Mata Tidak Menangis Saat Motong Bawang Bombay

No Comments tips adn trik

Banyak sekali makanan yang dimasak menggunakan bahan bawang bombay. Selain bisa jadi bumbu tumisan dan sayur, bawang bombay ini juga enak jika digoreng garing setelah dicelupkan ke tepung.

Sayangnya, kamu bisa dibuat menangis saat mengiris bawang bombay, ini juga termasuk bawang merah juga lho.

Siapa yang pernah merasakan ini? Nah, kalau kamu tidak mau hal itu terulang maka kamu harus tahu beberapa hal berikut ini:

  1. Kenapa mengiris bawang bombay bisa membuat kita menangis?

Dijelaskan dalam laman everydayhealth.com, ketika bawang bombay atau bawang merah diiris, sel-sel pada bawang akan pecah dan mengeluarkan enzim yang memproduksi gas yang disebut propanethial sulphoxide.

Ketika gas tersebut mengenai mata, maka gas akan bereaksi dengan air mata dan memproduksi asam yang bernama sulphuric acid dalam kadar ringan.

Otak kemudian mengirimkan sinyal ke kelenjar air mata untuk menghasilkan lebih banyak cairan agar gas dan zat asam keluar dari mata, karena hal ini dianggap sebagai benda asing. Nah, jadi sudah tahu kan kenapa kamu jadi menangis saat mengiris bawang bombay!

  • Kenapa bawang bombay bisa mengeluarkan gas seperti itu?

Lebih lama dan lebih banyak bawang yang diiris, maka akan semakin banyak gas yang dilepaskan dan makin bercucuran juga air mata kita saat mengirisnya.

Seorang pakar bernama Irwin Goldman, profesor ilmu perkebunan dari University of Wisconsin-Madison menerangkan, reaksi kimia seperti itu merupakan upaya tanaman bawang untuk mengusir hama. Jadi, itu merupakan cara tanaman ini melindungi dirinya.

  • Bagaimana cara agar tidak menangis saat mengiris bawang?

Tidak perlu repot, agar air mata tak berlinang saat mengiris bawang bombay kamu bisa contek 3 cara jitu berikut ini:

  • Simpan bawang bombay atau bawang merah ke dalam freezer terlebih dulu sebelum diiris. Membekukan bawang terlebih dulu dapat menahan enzim dan gas keluar.
  • Menurut Chef Odie Djamil ada cara lain, yaitu menggunakan pisau tajam. “Sama halnya jika kita terluka dengan benda tidak tajam darah yang keluar akan lebih banyak, nah gunakan pisau yang tajam agar bagian bawang yang terkoyak lebih sedikit dan uap yang membuat mata perih juga keluar lebih sedikit,” katanya.
  • Ambil garam atau kopi dan letakan di samping talenan saat mengiris bawang. gas akan ternetralisir dengan garam atau kopi sehingga gas yang membuat mata perih tidak segera membuat kamu menangis saat mengiris bawang.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang mengapa kita bisa menangis saat mengiris bawang bombay ataupun bawang merah.

Setelah mengetahui tips memotong bawang Bombay agar tidak pedas dimata. Kamu bisa mendapatkan buah ini dalam kondisi segar yang dipanen langsung dari petani di TaniHub. Caranya cukup buka browser dan kunjungi https://TaniHub.com atau download aplikasinya di Apple Store maupun Google Play Store

Tak hanya mudah, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti selalu menyediakan panen maupun produk segar, terbaik, dan berkualitas yang dipanen/diambil langsung dari petani Indonesia, membeli produk di TaniHub artinya juga sudah turut mendukung pertanian & perekonomian lokal, memiliki layanan pengantaran yang cepat.

Hari ini pesan, besok tiba di depan pintu rumah, memiliki berbagai macam metode pembayaran yang mudah digunakan, memiliki layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, mendukung penuh kepuasan pelanggan, jika ada produk yang tidak sesuai, akan diganti serta banyak promo menarik yang membuat belanja jadi hemat tiap minggunya.

Yuk belanja di TaniHub

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *