7 Kebaikan Apel untuk Kesehatan

No Comments kuliner

Apel Malang kg

Selain memilki rasa yang enak dan segar, apel juga kaya akan sejuta manfaat yang baik bagi tubuh. Seorang pakar nutrisi dari Westchestern, Jessica Levinson, menyatakan bahwa apel telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kesehatan usus, mengurangi resiko stroke, mengurangi tekanan darah tinggi, mengatasi diabetes, mencegah penyakit jantung, menangani obesitas, dan mencegah beberapa jenis kanker.

Semua jenis apel menawarkan manfaat yang baik, meskipun kandungan nutrisi dan antioksidan yang dimiliki tiap-tiap apel sedikit berbeda. Berikut ini adalah kebaikan-kebaikan apel yang dapat menjadi penyeimbang gizi untuk kesehatan tubuh.

Mengatasi Penyakit Kardiovaskular

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa serat yang ada pada buah apel dapat menurunkan penyakit kardiovaskular. Serat-serat ini mencegah penumpukan kolesterol di lapisan dinding pembuluh darah, sehingga dapat memperlancar aliran darah di arteri. Serat apel juga berfungsi untuk mencegah penyakit jantung dan menurunkan tingkat tekanan darah. Dengan mengonsumsi apel secara teratur dapat mencegah resiko stroke hingga 52%.

Melancarkan Pencernaan

Serat sangatlah baik untuk proses pencernaan. Terdapat 2 jenis serat yaitu serat larut (dapat diserap air) dan serat tidak larut (tidak dapat diserap air). Beruntungnya, apel memiliki kedua jenis serat ini. Serat larut membantu memperlambat pencernaan sehingga membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Selain itu juga memperlambat glukosa yang membantu mengontrol kandungan gula dalam tubuh. Sedangkan serat tidak larut membantu proses transisi makanan dan mengatasi sembelit. Untuk merasakan menfaat ekstra dari apel, pastikan untuk memakan kulit apel yang juga kaya akan serat.

Menjaga Kekebalan Tubuh

Apel menjadi salah satu sumber nutrisi yang dapat membantu menjaga imun tubuh. Vitamin C pada buah apel dapat memperkuat jaringan, mencegah stress, dan melindungi tubuh dari polusi radiasi.

Mencegah Diabetes

Serat yang ada pada apel dapat membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah. Mayo Clinik menyatakan bahwa dengan menjadikan apel sebagai menu diet dapat mencegah kamu dari penyakit diabetes.

Mencegah Kanker

Pakar kesehatan telah melakukan sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan antioksidan pada apel dapat mencegah resiko kanker. Tingkat antioksidan yang tinggi dapat mencegah dan membatasi pertumbuhan sel kanker. Makan apel secara teratur dapat menurunkan resiko kanker kolorektal, kanker mulut, kanker kerongkongan, dan kanker payudara.

Membantu Penurunan Berat Badan Secara Sehat

Sudah menjadi rahasia umum kalau diet dengan buah dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Apel adalah salah satu menu buah yang wajib ada dalam menu dietmu. Serat pada apel dapat memperlambat pencernaan dan kenaikan gula darah, sehingga membuatmu tetap kenyang dan tidak makan berlebihan.

Mencegah Penyakit Alzheimer

Apel dapat mempertahankan daya ingat meskipun usiamu sudah mencapai 50 keatas. Zat quercetin dan falvonid yang ditemukan pada apel dapat melindungi neuron otak dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh bertambahnya usia. Mengonsumi apel sejak remaja dapat mencegah penyakit lupa di hari tua.

Itulah beberapa kebaikan apel yang sangat bagus untuk kesehatan. Untuk mendapatan manfaat apel secara maksimal, pastikan kamu mengonsumsi buah ini secara rutin dan teratur. TaniHub menjadi salah satu wadah bagimu untuk mendapatkan apel yang terjamin kualitasnya. Kamu tidak perlu repot memilih apel terbaik di pasar atau supermarket. Cukup kunjungi platform TaniHub dan kami akan memastikan apel kualitas top sampai di tanganmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *