Cara Mengenali Aset dan Jenis-jenisnya Berdasarkan Fortune Indonesia

No Comments informasi
Majalah FORTUNE® Indonesia 100 Resmi Diluncurkan
source gambar : fotuneidn.com

Kata aset pasti sudah sering Anda dengar dan mungkin pernah ditanyakan orang kepada Anda, aset apa saja yang anda miliki atau apa saja sih aset-aset yang anda miliki secara pribadi. Bagi berapa orang kata aset ini mungkin sedikit bikin berpikir saat ditanyakan, dilansir dari Fortune Indonesia: Berita Ekonomi Terbaru berkualitas milik Indonesia, berikut ini pengertian dan jenis-jenis Aset yang sebaiknya anda tahu.

  1. Pengertian aset

Aset bisa didefinisikan sebagai harta atau kekayaan yang dimiliki baik secara pribadi atau kelompok atau oleh sebuah perusahaan. Dengan kata lain aset merupakan sumber daya yang dimiliki perorangan ataupun kelompok yang biasanya dipakai dalam kegiatan konsumsi, kegiatan produksi atau digunakan sebagai alat tukar dengan barang lainnya.

  1. Definisi menurut ahli

Standar akuntansi keuangan PSM melalui presiden tahun 2012 menyatakan aset adalah semua kekayaan yang dimiliki oleh setiap individu ataupun kelompok, memiliki wujud ataupun tidak memiliki wujud dan mempunyai nilai atau manfaat bagi setiap orang atau perusahaan yang berkuasa atasnya.

Ikatan akuntansi Indonesia atau IAI memberikan definisi lain yaitu aset sebagai sumber daya yang dikuasai oleh sebuah perusahaan sebagai akibat dari kejadian-kejadian yang terjadi di masa lampau, asal muasal datangnya manfaat ekonomi dari masa depan yang diharapkan bisa memberi manfaat lebih bagi perusahaan yang memilikinya.

  1. Fungsi pelaporan aset

Setiap kali mengelola keuangan baik secara pribadi ataupun perusahaan informasi mengenai jumlah dan besar aset ini sangat penting dan dibutuhkan agar kita bisa membuat laporan akuntansi yang lebih lengkap kerja aset ini akan membantu bagaimana cara mengelola keuangan ataupun mengambil sebuah keputusan ekonomi ataupun menunjukkan pertanggungjawaban atas penggunaan sumber-sumber daya yang dimiliki seseorang atau perusahaan.

  1. Representasi aset

Umumnya aset akan direpresentasikan dalam bentuk arus kas yang masuk atau penerimaan ke seseorang atau perusahaan atau kelompok dicontohkan dengan sebuah mobil bisa digunakan untuk mengangkut barang dagangan atau yang lain yang kemudian dijual sehingga mobil tersebut memberikan hasil atau uang yang masuk ke dalam kas.

  1. Pembagian jenis aset

Jenisnya aset dapat dibagi menjadi dua yaitu aset yang lancar dan Aset yang tidak lancar di mana aset lancar adalah jenis aktiva yang paling liquid sehingga mudah dan cepat untuk diubah bentuknya menjadi uang tunai. Sementara aset tidak lancar adalah aset yang memiliki siklus dan jangka waktu lebih lama biasanya lebih dari 1 tahun.

  1. Jenis aset tidak lancar

Aset tidak lancar sendiri memiliki bentuk yaitu aset tetap yang merupakan aktiva dengan wujud atau bentuk secara fisik dan aset tidak berwujud dalam kategori lainnya. Untuk aset tetap biasanya akan dijual dan penggunaai aset ini bisa habis atau mungkin asalnya rusak dan masalah lainnya dengan bentuk seperti tanah, bangunan, mesin, gedung, kendaraan. Termasuk dalam kategori aset tidak lancar ini bisa terlihat secara fisik tetapi mempunyai nilai dan manfaat seperti hak cipta hak sewa guna bangunan hak paten dan lain sebagainya.

  1. Investasi

Investasi merupakan aset juga tetapi difungsikan demi tujuan tertentu, salah satunya untuk memiliki pertumbuhan kekayaan atau bagi hasil. Sebagai contoh jika sebuah perusahaan atau seseorang melakukan investasi pada perusahaan tertentu data orang atau perusahaan yang berinvestasi ini harus mencatat laporan neraca keuangan yang ia punya sebab investasi masuk ke dalam kategori aset yang harus dilaporkan juga.

  1. Fortune Indonesia, majalah bisnis berkualitas

Pada Agustus 2021, sebuah majalah bisnis terkemuka di Indonesia dirilis yaitu Fortune Indonesia  yang merupakan sumber inspirasi bisnis dan berita berita berita terupdate untuk anda yang bisa didapatkan di toko buku terdekat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *